Pilihan dan Keputusan


Dalam keseharian, setiap orang selalu dihadapkan pada sebuah kondisi. Terdapat beberapa kondisi yang sesuai dengan harapan, namun tak jarang bertolak belakang dengan yang diinginkan. Sehingga muncul permasalahan. Untuk menghadapi permasalahan tersebut seseorang akan dihadapkan pada pilihan. Baik menyelesaikannya atau menghidarinya. Dari berbagai pilihan yang muncul, orang tersebut akan membuat keputusan di mana ia akan memilih satu alternatif pilihan yang paling sesuai.

Pada prinsip ilmu manajerial, dikenal sebuah istilah decison making atau membuat keputusan. Pihak yang selalu bergumul dengan dua kata ini adalah mereka yang memiliki posisi strategis dalam organisasinya. Semakin tinggi lini hierarki yang dipijaki, akan semakin banyak pula keputusan dengan berbagai risiko yang harus dihadapi. Akan tetapi tidak hanya dalam organisasi. Nyatanya setiap orang senantiasa berhadapan dengan situasi yang menyebabkan ia dihadapkan pada pilihan-pilihan. Namun, tak semua kondisi memberikan ia pilihan untuk mengambil keputusan.

Seperti ketika seorang bayi lahir, ia tidak dapat memilih dari keluarga mana ia berasal, ataukah dengan jenis kelamin laki-laki atau perempuan. Di saat mulai beranjak dewasa dan tidak bergantung pada orang tua dalam hal melakukan kebutuhan diri sendiri, ia akan dihadapkan pada hadirnya keinginan dan pilihan-pilihan yang dapat mengantarkannya pada yang diinginkan atau mendekati apa yang diinginkan. Misalnya, dari kecenderungan minat dan bakat ke mana ia harus melanjutkan jenjang studi, atau karir kelak.

Semakin menarik ketika mengetahui bahwa manusia akan bertindak sesuai dengan kepribadiannya. Menjadi unik karena tak ada manusia yang memiliki kepribadian sama secara menyeluruh, kecuali kemampuan saling memahami satu dengan yang lainnya. Untuk membuat satu keputusan, mungkin bagi seseorang adalah hal yang sudah tepat. Namun tak jarang keputusan tersebut akan menimbulkan permasalahan ketika ia berinteraksi dengan yang lainnya. George R. Terry dan Brinckloe mengemukakan bahwa dasar-dasar pendekatan dari pengambilan keputusan adalah intuisi, pengalaman, fakta, wewenang dan logika.


Intuisi  atau Perasaan
Pengambilan keputusan berdasarkan intuisi memiliki sifat subjektif, sehingga mudah terkena pengaruh. Pengambilan keputusan ini memiliki keuntungan seperti waktu yang digunakan untuk mengambil keputusan relatif lebih pendek, digunakan untuk masalah yang pengaruhnya terbatas, secara umum dapat memberikan kepuasan, tergantung pada kemampuan pengambil keputusan. Sedangkan ditinjau dari posisi sebaliknya, intuisi memiliki kelemahan seperti keputusan yang dihasilkan relatif kurang baik, sulit mencari alat pembanding sehingga sulit diukur kebenaran dan keabsahannya, dasar-dasar lain dalam pengambilan keputusan seringkali diabaikan.


Pengalaman
Pengambilan keputusan berdasarkan pengalaman memiliki manfaat bagi pengetahuan praktis, karena bagi seseorang pengalaman dapat membuatnya memperkirakan keadaan sesuatu, dapat pula memperhitungkan perihal seperti untung-ruginya terhadap keputusan yang akan dihasilkan. Poin tambahan akan dimiliki oleh seseorang yang memiliki banyak pengalaman. Karena dapat lebih matang dalam membuat keputusan. Namun perlu diketahui bahwa sebagaimanapun pengalaman yang dimiliki, peristiwa yang lampau mungkin tidak sama dengan peristiwa yang terjadi saat ini.


Fakta
Pengambilan keputusan berdasarkan fakta dapat memberikan keputusan yang sehat, solid dan baik. Dengan fakta, tingkat kepercayaan terhadap pengambilan keputusan dapat lebih tinggi, sehingga seseorang dapat menerima keputusan yang dibuat itu dengan rela dan lapang dada.


Wewenang
Pengambilan keputusan berdasarkan wewenang biasanya dilakukan oleh pimpinan terhadap bawahannya atau orang yang lebih tinggi kedudukannya terhadap orang yang lebih rendah kedudukannya. Pengambilan keputusan berdasarkan wewenang ini memiliki kelebihan bahwa kebanyakan penerimaannya adalah bawahan, terlepas penerimaan tersebut dilakukan secara sukarela atau terpaksa, keputusannya dimungkinkan dapat bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama sesuai dengan masa jabatan atau wewnang yang dimiliki pimpinan, memiliki daya autentisitas yang tinggi. Sedangkan dari segi kelemahannya, keputusan ini cenderung dapat menimbulkan sifat rutinitas, terasosiasi dengan praktik diktatorial, sering melewati permasalahan yang seharusnya dipecahkan sehingga dapat menimbulkan kekaburan


Logika
Pengambilan keputusan yang berdasarkan logika merupakan studi yang rasional terhadap semua unsur dalam setiap sisi dalam proses pengambilan keputusan. Pada pengambilan keputusan yang berdasarkan rasional, keputusan yang dihasilkan bersifat objektif, logis, lebih transparan, konsisten untuk memaksimumkan hasil atau nilai dalam batas kendala tertentu, sehingga dapat dikatakan mendekati kebenaran atau sesuai dengan apa yang diinginkan. Namun dengan pendekatan logika, hal yang perlu diperhatikan adalah mengenai kejelasan masalah, orientasi tujuan, pengetahuan alternatif dan konsekuensinya, preferensi yang jelas, dan hasil maksimal. 

Dasar-dasar tersebut akan menjadi suatu alternatif pilihan bagi seseorang untuk menentukan keputusan seperti apa yang akan hendak diambil. Di samping itu, seseorang juga harus mempertimbangkan tujuan dari pengambilan keputusan. Karena dengan cara yang menurutnya paling tepat namun tidak sesuai dengan tujuan dan kondisinya tidak dipungkiri dapat menimbulkan permasalahan baru. Sehingga ketika dasar pengambilan keputusan disesuaikan dengan tujuan yang akan dicapai, akan memudahkan seseorang meraihnya dengan risiko yang telah diketahui selama proses pengambilan keputusan tersebut.

Jika seseorang telah berahasil membuat keputusan, bukan berarti fase dalam hidupnya telah selesai. Namun itu hanya sebatas proses ketika ia menjalaninya. Semakin jauh seseorang melangkah, permasalahan, pilihan, dan keputusan akan selalu membersamai sebagai sebuah proses untuk memaknai kehidupan. Sehingga meski ia berusaha menghindari atau menyerah, itu juga merupakan pilihan yang kedepannya akan muncul meski dalam situasi yang berbeda. Sampai di sini, tugas yang paling nyata adalah memilih pilihan yang tepat untuk membuat keputusan yang bijak dan menyelesaikan masalah yang tampak.

Komentar

  1. Saya Ny. Pertiwi Gesang dari Pangkal pinang Indonesia, ini email saya jika Anda ingin menghubungi saya: pertiwigesang@gmail.com. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang platform ini tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman sebesar 90 jt untuk modal ventura dari pemberi pinjaman yang sah karena, saya telah jatuh ke dalam utang dan saya telah mencoba untuk meminjam uang dari bank dan pemberi pinjaman online tetapi saya selalu gagal dan saya bahkan scam dan kehilangan Rp7 juta saya menjadi bosan hidup sampai saya melihat kesaksian ibu Ashraff Nabilah di platform ini tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Rika Anderson Loan Comapny, dan saya bisa mendapatkan alamat email mereka dan saya menghubungi mereka, seperti Saya menjawab CEO, Mrs. Rika Anderson, minggu lalu, saya mengajukan pinjaman dari mereka dan saya terkejut, pinjaman saya disetujui dan setelah 28 jam aplikasi saya, jumlah Rp250.000.000 ditransfer ke akun saya. Saya ingin menyarankan semua orang untuk mencari perusahaan pinjaman yang sah untuk menghubungi Ms Rika Anderson, CEO Rika Anderson Loan Comapny melalui email ini: rikaandersonloancompany@gmail.com Whatsapp: +19147057484 dan dapatkan pinjaman.

    BalasHapus
  2. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus
  3. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

    Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus

Posting Komentar